Rabu, 26 September 2012

INFO CNC Machining Center

CNC Machining Center


CNC Machining Center
Sebelum membahas tentang CNC Machining Center, Kami merupakan laboratorium kalibrasi yang memberikan jasa kalibrasi untuk CNC Machining Machine, Precision Surface Plate (Meja Rata), dan Profile projector. Untuk penawaran harga silakan klik disini.
Artikel mengenai CNC Machining Center ini sebenarnya saya ambil dari sebuah blog tetangga karena artikel yang dimuat di halaman blog tersebut sudah sangatlah berkualitas dan lengkap untuk menerangkan apa yang disebut dengan CNC Machining Center.
CNC machining center atau biasa yang disebut dengan “computer numerical control” machining center merupakan suatu alat yang banyak digunakan di suatu industri manufacturing. Kegiatan tapping, drilling, milling, dan boring bisa dilakukan oleh alat ini.

CNC Machining Center ada 2 tipe yaitu :

1. Vertical Machining Center
Dimana arah proses terjadi dari atas ke bawah
2. Horizontal Machining Center
Dimana arah prosesnya berupa maju mundur tergantung dari program dan design mesinnya.

Bagian Dari Machining Machine :

1. Linier axis
Merupakan sumbu yang bergerak secara linier, umumnya berupa 3 sumbu linier dengan arah sumbu X, Y, dan Z
2. Rotation Axis
Merupakan sumbu yang bergerak secara berputar.
3. Automatic Pallet Change
Automatic Pallet Change atau yang disebut dengan APC  Merupakan sistem penggantian pallet yang bersifat otomatis.
4. Cutting Tool
Merupakan suatu alat yang digunakan untuk melakukan proses machining. Mata bor, tap, cutter, end mill, milling bisa dibilang merupakan bagian dari cutting tool.
5. Magazine Tool
Merupakan tempat disimpannya peralatan cutting tool
6. Spindel
Merupakan alat pemegang cutting tool untuk melakukan proses yang dapat diputar sesuai dengan yang kita inginkan dimana kecepatan putarnya tergantung dari spesifikasi spindel yang digunakan.
7. ATC ARM
ATC ARM berfungsi untuk proses pergantian tool, dimana ARM mengambil cutting tool yang ada di magazine dan Tool yang ada di Spindle di taruh ke magazine. Proses pergantian tool dapat di lakukan secara manual, MDI (Manual data Input) maupun secara otomatis yang di sebut dengan istilah ATC (Automatic Tool Change)
8. Automatic Tool Change
Disingkat dengan ATC merupakan proses penggantian tool secara otomatis, dimana prosesnya adalah sebagai berikut magazine menyiapkan tool yang akan di pindahkan ke area spindle, kemudian ARM ATC mengambil tool dari magazine dan meletakkan tool tersebut ke spindle dan Jika pada spindle sebelumnya terdapat tool, maka tool yang ada di spindle di pindahkan ke ke pot magazine sesuai dengan alamat sebelumnya.
9. Lubrication System
Merupakan sistem pelumasan pada alat machining machine. Sistem pelumasan terjadi Pelumasan untuk slideway / alur jalannya sumbu X,Y dan Z axis, kemudian Pelumasan gearbox table / B axis dan gearbox spindle.
10. Coolant
Merupakan pendingin dan pelumas cutting tool pada saat proses berlangsung.
11. CNC Controler
Merupakan pengontrol semua pengerjaan mesin yang dapat dilakukan secara otomatis ataupun manual.
12. CNC Program
Program CNC adalah program yang di buat untuk urutan proses yang bekerja secara sekuensial. Kapan XYZ bergerak, kapan spindle berputar kencang, lambat dan sedang. kapan coolant on, dll, itu di atur oleh program yang telah di buat dan di simpan dalam CPU CNC controller.
Semoga bermanfaat.
Sumber :

Tidak ada komentar: